PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA TERMINAL PENUMPANG UMUM DI SURABAYA

Authors

  • Soedjono Soedjono Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/jmk.7.1.pp.%2022-47

Keywords:

Organization culture, Organization performance, Employee satisfaction.

Abstract

The objective of this research is to find out these following maters: the influence of organization culture toward the organization performance, the influence of organization performance toward employee satisfaction, the influence of organization toward customer satisfaction and the indirect influence of organization culture toward working satisfaction in organization culture;. This research uses survey, sampling method and questioners as the tools in collecting the main data. This research is conducted in several main terminal offices, namely Purabaya, Tambak Oso Wolangun, Jotoboyo and Bratang. Structural Equation Medeling (SEM) is used to analyze the variables by using AMOS 4.0 software. This research shows these following results: there is a significant influence of organozation culture toward organization performances, there is a significant influence of organization performances toward employee satisfaction, there is a significant influence of organization culture toward customer satisfaction, and there is no direct influence of organization culture, based on organization performances, toward employee satisfaction. By understanding the variables that influences the terminal performances, the stakeholders can use the information to increase the income of the terminal as well as improving the services toward community. Abstract in Bahasa Indonesia : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja organisasi, kinerja organisasi terhadap kepuasan karyawan, budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan, pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dalam kinerja organisasi. Penelitin ini menggunakan metode survey, sample dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor-kantor pusat terminal Purabaya, Tambak Oso Wilangun, Joyoboyo dan Bratang. Structural Equation Modelling (SEM) dipakai untuk menganalisa model dengan bantuan program AMOS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja organisasi, ada pengaruh signifikan dari kinerja organisasi terhadap karyawan, ada pengaruh signifikan dari budaya organisasi terhadap kepuasan pelanggan, tidak ada pengaruh langsung dari budaya organisasai yang diarahkan pada kinerja organisasi terhadap kepuasan karyawan. Dengan mamahami variabel yang berpengaruh pada trminal, pihak terkait akan bisa menggunakan hasil tersebut untuk meningkatkan penghasilan terminal dan menyempurnakan layanan kepada masyarakat. Kata kunci: budaya organisasi, kinerja organisasi, kepuasan karyawan.

Downloads

Published

2005-05-02

How to Cite

Soedjono, S. (2005). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA TERMINAL PENUMPANG UMUM DI SURABAYA. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), pp. 22-47. https://doi.org/10.9744/jmk.7.1.pp. 22-47

Issue

Section

Articles