FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT/BRAND PLACEMENT DALAM ACARA TV (STUDI KASUS INDONESIAN IDOL 2007 & MAMAMIA SHOW 2007)

Authors

  • Leonid Julivan Rumambi Faculty of Economics, Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp.%2050-65

Keywords:

factor analysis, product/brand placement, tv show, indonesian idol 2007, mamamia show 2007

Abstract

Product/brand placement is not such a new matter in the marketing world, including in Indonesia in the last few years. These practice have been conducted at 1920 by cigarette's company in USA, while on the success story can be found on E.T (Extra-Terrestrial): the movie by 1982 presenting Reese's Pieces candy. Product/brand placement can be found widely in various medium starting from movies, TV shows, comics, games, video clip, etc. Today, various TV shows like 'Akademi Fantasi Indosiar (AFI)', 'Indonesian Idol', 'Mamamia Show', 'Kontes Dangdut Indonesia (KDI)', 'Empat Mata', 'Katakan Cinta', 'I-Gosip' & 'Cek & Ricek' are popular to advertise and become alternative medium for product / brand placement. In order to make the right decisions by conducting product/brand placement especially in TV shows, the company should know & understand several factors that influence audience attitude towards product/brand placement. Based on article entitled 'audience attitude towards product placement in movies: a case from Turkey' as a referred journal, the result of the research conducted have been formed four factors influencing attitude of audience toward product/brand placement. The four factors are 'attention', 'acceptance', 'reference' and 'ethics & regulation' with total variance explained equal to 53,53%. By conducting principal component factor analysis for this research, there are five factors influencing audience attitude toward product/brand placement formed with the total variance explained equal to 63,823 %. Three among other formed factors have several similar variables with the factor in the referred journal, while the two other factors compiled with only two variable/statement item for each. The percentage of each factor were 'acceptance' (18,923%), ethics & regulation (14,978%), attention (13,844%), reference (9,139%) and interest (6,939%). The result of this research tried to conclude and give some input related with the final result of the main factors analysis only. This result of factors analysis can be categorized as minimum factors which are responsible for maximum variance in order to support another research. Abstract in Bahasa Indonesia : Product/brand placement bukan merupakan hal baru dalam dunia pemasaran, termasuk di Indonesia setidaknya beberapa tahun terakhir. Dalam dunia perfilman di Amerika Serikat praktek inipun sudah bisa ditemukan pada tahun 1920 an oleh perusahaan rokok, sedangkan sebuah fenomena product/brand placement yang dianggap sebagai salah satu puncak keberhasilan metode ini adalah film E.T: The Extra-Terrestrial pada tahun 1982 yang menampilkan permen Reese's Pieces. Aplikasi product/brand placement dapat ditemukan secara luas di berbagai variasi medium mulai dari film, acara televisi dengan berbagai format tayangan, komik, video games, video klip, dll. Di Indonesia berbagai format acara televisi sudah mulai menjalankan product/brand placement seperti pada 'Akademi Fantasi Indosiar' AFI), 'Indonesian Idol', 'Mamamia Show', 'Kontes Dangdut Indonesia (KDI)', 'Empat Mata', 'Katakan Cinta', 'I-Gosip' & 'Cek & Ricek' serta berbagai acara populer yang lain. Dalam aplikasinya terdapat tantangan bagi sponsor maupun perusahaan terkait (baik itu production house, perusahaan televisi/broadcaster, percetakan, grup musik, dll) untuk bisa mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi sikap audience terhadap product/ brand placement serta seberapa besar kontribusi masing-masing faktor yang ada. Adapun berdasarkan artikel pedoman yang digunakan penelitian ini dihasilkan empat faktor yang mempengaruhi, yaitu attention, acceptance, reference serta ethics & regulation dengan the explained variance sebesar 53,53%. Aplikasinya lebih lanjut ternyata menghasilkan lima faktor yang tersusun dari 23 variabel/item pernyataan yang sudah ada. Dari kelima faktor yang dihasilkan tiga diantaranya masih memiliki sebagian variabel pembentuk/ penyusunnya yang terdahulu seperti pada artikel jurnal (faktor attention, acceptance serta ethics & regulation), sedangkan dua faktor yang lain yang hanya disusun dari masing-masing 2 variabel/item pernyataan (faktor reference & interest). Adapun untuk hasil penelitian ini nilai the variance explained yang dihasilkan adalah 63,823% dengan besar prosentase untuk masing-masing faktor yaitu 'acceptance' (18,923%), ethics & regulation (14,978%), attention (13,844%), reference (9,139%) dan interest (6,939%). Hasil yang diungkapkan dalam karya akhir berupaya memberikan kesimpulan dan masukan sehubungan dengan hasil akhir analisa komponen/faktor utama ini saja, dimana hasil analisa faktor ini juga masih dapat dijadikan sebagai jumlah mininum faktor yang akan bertanggungjawab atas varians maksimum untuk mendukung penelitian lanjutan. Kata kunci: analisa faktor, product/brand placement, acara tv, indonesian idol 2007, mamamia show 2007.

Downloads

Published

2008-08-26

How to Cite

Rumambi, L. J. (2008). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT/BRAND PLACEMENT DALAM ACARA TV (STUDI KASUS INDONESIAN IDOL 2007 & MAMAMIA SHOW 2007). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), pp. 50-65. https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp. 50-65

Issue

Section

Articles