DAMPAK RESPON EMOSI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN ONLINE DENGAN SUMBERDAYA YANG DIKELUAKAN DAN ORIENTASI BELANJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Hatane Semuel Faculty of Economics, Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jmk.8.2.pp.%20101-115

Keywords:

online buying, impulsive buying, online medium, shopping oriented.

Abstract

This research has an aim of examining the influence of emotional responses towards the impulsive buying behavior tendency from the online consumers, as a result of direct advertisement's stimulus. Online Stimulus advertisement is formatted through a kind of audio-visual media format, picture animation, and picture text. The main purpose of this research is focused on the format shape of online medium, however, as a compare, brochures are usually used as one of offline mediums. The format of research use factorial experimental design with the online and offline medium as the factor. Besides, to evaluate indirect impacts of emotional response to the impulsive buying behavior tendency, it has used resources expenditure, recreation and convenience shopping oriented which are intervening variables. The results of this research shows that there are different of stimulus impacts between offline and online medium formats. It has been found that the format of online medium has stronger stimulus effect than the offline one. Although, online format medium has stronger stimulus total effect, but still the format of audio visual medium and text of picture has stronger effect than the form of picture animation. The other finding, The resources expenditures has a positive intervening between emotional responses towards recreation shopping oriented but has negative intervening towards convenience shopping oriented. This can be clearly seen on the format of audio visual and picture animation medium. The result of the same analysis has proven that convenience shopping oriented is a positive intervening between emotional response and impulsive buying behavior tendency but recreation shopping oriented has negative impact. Abstract in Bahasa Indonesia : Penelitian bertujuan untuk menguji dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online. Respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif ditimbulkan karena stimulus dari iklan online. Format media iklan online diformat dalam bentuk audio-visual, animasi gambar, dan teks gambar. Tujuan utama dari penelitian ini, lebih difokuskan pada format media online, namun digunakan media offline brosur sebagai pembanding stimulus media. Penelitian diformat dalam rancangan percobaan faktorial dengan menggunakan format media online dan offline sebagai faktor. Untuk menguji dampak tidak langsung respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif, digunakan sumberdaya yang dikeluarkan dan orientasi belanja konsumen sebagai mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh stimulus antara format media offline dengan media online terhadap respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Ditemukan bahwa stimulus dari format media online memberikan dampak respon emosi dan kecenderungan perilaku pembelian impulsif yang lebih kuat. Dalam kelompok format media online ditemukan juga bahwa bentuk format audio-visual dan teks gambar mempunyai stimulus yang tidak berbeda secara statistik dan lebih kuat dibandingkan format animasi gambar. Hasil temuan lainya. menunjukan bahwa respon emosi mempunyai dampak positip secara langsung terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Selain itu sumberdaya yang dikeluarkan dapat merupakan mediasi positip antara respon emosi dengan orientasi belanja rekreasi, dan negatip untuk orientasi belanja kenyamanan. Orientasi belanja kenyamanan merupakan mediasi positip antara sumberdaya yang dikeluarkan dengan kecenderungan perilaku pembelian impulsif, sedangkan orientasi belanja rekreasi merupakan mediasi negatip. Kata kunci:. pembelian online, pembelian impulsive, media online, orientasi belanja.

Downloads

Published

2007-02-06

How to Cite

Semuel, H. (2007). DAMPAK RESPON EMOSI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN ONLINE DENGAN SUMBERDAYA YANG DIKELUAKAN DAN ORIENTASI BELANJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), pp. 101-115. https://doi.org/10.9744/jmk.8.2.pp. 101-115